Tuesday 8 October 2013

CARA MUDAH MEMBUAT DANGO SENDIRI!

    Dango (団子?) adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.
     Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet

Nah! kali ini J-Sekai news akan sedikit memberikan tips dalam membuat dango sendiri. tidak sulit dan bahan bahanya cukup mudah di dapatkan di super market di Indonesia..



BAHAN
  • 200gram Tepung beras
  • 200ml air panas
  • 100ml air
  • 2setengah Sendok makan soy sauce (biasanya yg paling gampang di temukan itu merk kikkoman)
  • gula
  • tepung maizena
  • 70gram gula pasir
  • 1sendok teh tepung maizena


Cara membuat
     Campur tepung beras dengar air panas mendidih (hati-hati dalam mengaduk supaya tidak terkena air panas) aduk hingga adonan tercampur dan mengeras.

didihkan air panas lalu kukus adonan dango yang telah di potong kecil-kecil (supaya memudahkan dalam pengukusan). kukus selama 25 menit lalu angkat dan lalu taruh di atas mangkok adonan lalu di aduk menjadi satu lagi. (aduklah menggunakan spatula atau sejenisnya jika adonan masih panas. dan jika adonan sudah dingin kamu bisa mengaduknya dengan tangan)

lalu gulung memanjang adonan dan potong sepanjang 2 cm menggunakan pisau yang telah di basahi air supaya tidak lengket ketika di potong. lalu bulat-bulatkan adonan yang sudah di potong.
lalu tusukan dango ke tusukan sate yang sudah di basahi air supaya tidak lengket.

cara membuat mitarashi sauce

   Masukan 100ml air kedalam panci, masukan 2stengah sendok makan soy sauce, tambahkan 70gram gula pasir, dan 1 sendok teh tepuk maizena. (tepung maizena akan lebih mudah larut jika kamu melarukannya terlebih dahulu dengan sedikit air panas)
aduk aduk dengan api sedang hingga saus mengental (ingat jangan terlalu besar menggunakan api dan jangan terlalu lama memasaknya. cukup sampai mengental menjadi seperti karamel saja)

tuangkan saus ke atas dango tadi, dan dango pun siap di santap!
beberapa orang suka memanggang dangonya terlebih dahulu sebelum di tuang saus. namun bisa juga langsung di makan kok. tergantung selera mu saja ^o^

tips (kamu bisa mengganti saus dengan toping apapun yang kamu sukai seperti saus coklat,strawberry atau gula bubuk)

nah kini kamu sudah memiliki dango yang bisa kamu santap sambil bersantai membaca buku, menonton Anime atau ngobrol bersama teman-teman mu ditemani secangkir teh hangat.! hmmm yummy! :D

Selamat mencoba J-Lovers, semoga tips ini bermanfaat ya ^_^v

ITADAKIMASU!





No comments:

Post a Comment